Senin, 02 September 2013

Panca Indraku (Big Egg)

Halo sahabat Preschool Little 1 Academy...Apa kabarmu di Tahun Ajaran Baru ini?
Pastinya Luarrr Biasaaa!!!

Kalau Kau anak hebat teriak hore...
Horeee...!!!
Kalau kau anak pintar teriak hore...
Horeee...!!!

Kali ini Kak Santi, ditemani teman baru namanya Panca Indra. Siapa saja ya mereka? Ada  mata, hidung, lidah dan telinga.
Mata: Halo adik-adik. Aku adalah mata. Siapa yang punya mata? Mata adik-adik ada berapa ya. Mata adik-adik ada dua. Dengan mata adik-adik dapat melihat. Melihat wajah mama yang cantik, bisa melihat wajah papa yang tampan. Melihat pohon yang berwarna hijau dan melihat Kak Santi,,,hehe.     
Hidung: Kalau aku adalah hidung. Ayo tunjukan mana hidung adik-adik? Wah adik-adik hebat ya tahu mana itu hidung. Hidung bisa mencium sesuatu. Mencium wangi bunga, mencium wangi parfum. Ayo coba cium tisu yang sudah disemprot pewangi ini. Bagaimana aromanya. Wangi ya adik-adik.
Lidah: Ayo siapa yang bisa menebak siapakah aku. Hiihi….benar adik-adik, aku adalah lidah. Ayo tunjukkan mana lidahnya adik-adik. Adik-adik bisa merasakan rasa manis, asam dan asin dari makanan yang dimakan adik-adik. Coba rasakan kue yang akan dibagikan oleh Kak Rifka. Bagaimana rasanya? Manis ya? tepat sekali. Itulah fungsi lidah.
Yuk, kita menyanyi sambil menari bersama-sama: 
Siapa tahu apa rasa garam
Asin...asin..asin itu rasanya
Siapa tahu apa rasa gula
Manis...manis...manis
Aku suka

Telinga: Aku adalah telinga. Pegang telinga adik-adik. Satu…dua…tiga…Dengan telinga kita bisa mendengar suara, mendengar suara orang yang sedang berbicara, mendengar suara music, mendengar suara mobil. Hebat ya aku…

Nah itu tadi dari mata, hidung, lidah dan telinga. Satu lagi panca indra yang belum di sebut yaitu, kulit. Kulit adalah indra peraba. Indra yang mampu menerima rangsangan temperatur suhu, sentuhan, rasa sakit, tekanan, tekstur, dsb. Coba kita sentuh kulit kita yuk. Terasa kan rasanya. Coba sentuh kulit teman kita, sentuh sayang ya adik-adik.
Pada kegiatan selanjutnya, adik-adik Preschool Little 1 Academy BDNI Yogyakarta melatih motorik halusnya dengan mewarnai pesawat terbang. Kak Santi bertanya pada adik-adik semua,pesawat terbang dan awan bisa dilihat menggunakan mata atau hidung ya? Dengan antusias adik-adik menjawab mataaaa!!! Suara pesawat itu wuuuunnngggg bisa didengar oleh telinga atau mata ya? Dan serentak adik-adik menjawab, telingaaa!!!...
Hebat!!! Adik-adik Preschool Little 1 Academi BDNI Yogyakarta bisa menjawab pertanyaan dari Kak Santi dengan benar...Beri tepuk tangan yang meriah...Horeee! Plok...plok...plok ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar