Kamis, 14 Maret 2013

Air Sungai dan Air Laut

Halo...halo...halo...
Halo apa kabar?

Salam jumpa kembali dengan Kami, Pre School Little 1 Academy BDNI Yogyakarta

Adik-adik  telah memasuki ruangan kelas dan siap belajar, bermain dan bereksplorasi Pre School Little 1 Academy BDNI Yogyakarta.

Nah, sebelum kegiatan hari ini dimulai, marilah kita berdoa."Negara kita Indonesia  terdiri dari berbagai suku bangsa dan agama yang berbeda-beda. Maka kita harus saling menghormati dan menghargai satu sama lain. Adik-adik berdoa dibimbing Ayah, Ibu atau Nenek sesuai agama dan kepercayaannya masing-masing. Berdoa dimulai"

Kali ini tema yang disuguhkan adalah Air Sungai dan Air Laut. Seperti apa ya kegiatan hari ini. Ayo kita lihat bersama-sama ^___^
 
 

 Adik Stefy semangat sekali saat Kak Fitri menyebut namanya dalam sesi presensi...Dengan mengangkat tangan dan berkata "Saya!!!", berarti Adik Stefy hadir di kelas.


 Agar badan kita sehat dan kuat, kita senam Chaki....Horeeee!!!


 Siapa yang mau bermain Kereta api ya? Senangnya bermain Kereta Api bersama-sama. Lihatlah, Adik Khaela menggandeng tangan Kak Fitri, Adik Chia bersama Adik Qila, serta Mama menggandeng tangan Adik Aline berpura-pura menjadi terowongan. Kereta api  berangkat...tut..tut..tuuuutttt dan bersiap memasuki terowongan.




 Kak Rifka membacakan sebuah cerita berjudul Ke Pantai. Cerita disuguhkan dengan cara Read Aloud. Adik-adik antusias sekali menyimak cerita yang dituturkan Kak Rifka. Tampak mereka duduk manis di karpet warna biru.


 Nah, setelah Kak Rifka bercerita, giliran Mama yang menceritakan kembali kisah perjalanan Dina yang pergi Ke Pantai. Mama dengan penuh kasih membacakan cerita kepada Adik Rafiq. Tampak adik Rafiq menikmati dan senang sekali saat Mama bercerita untuknya. Terimakasih Mama sudah bercerita, Rafiq suka. Mama adalah mama yang hebat!


 "Air sungai rasanya tawar,Adik-adik. Sedangkan air laut rasanya asin."
Kak Rifka membimbing adik-adik menuang air tawar ke dalam gelas plastik dan meminta adik-adik untuk meminumnya. Rasanya tawar. Nah, air laut asin karena mengandung garam. "Adik-adik, masukan garam menggunakan sendok, masukan kedalam air dan aduk ya. Sekarang boleh mencicip air yang sudah dicampur garam tadi. Bagaimana rasanya?"



 Adik Attar belajar mengaduk garam dalam gelas. Saat air campuran garam dicicip...Ups...Adik Attar meringis dan berkata. "Asin Kak." Ya, Air yang dicampur garam terasa asin. Begitu pula dengan air laut.



 Masih ada waktu sebelum beristirahat. Kak Santi mengajak adik-adik dan mama bermain Sedang Apa Sekarang.
"Sedang apa, sedang apa, sedang apa sekarang. Sekarang sedang apa, sedang apa sekarang?"
Kelompok dibagi menjadi dua. Kelompok pertama dipimpin Kak Rifka, beranggotakan Attar dan Mama, Adik Hera, Adik Hayu, Adik Stefy dan Adik Aline. Sedang Kelompok kedua bersama Kak Santi adalah Adik Thea, Adik Khaela, Adik Chia dan Adik Attar. Adik Rafiq dan Adik Nesia memilih menjadi penonton menyaksikan Kakak Tutor dan teman-teman bermain. Seru sekali!


 Setelah selesai bermain, kita Tepuk Anak hebat.
#Tepuk Anak Hebat#
Plok...plok..plok A
Plok...plok..plok Aku
Plok...plok..plok Anak
Plok...plok..plok Hebat
Plok...plok..plok Aku anak hebat
Horeeee...!!!



 Pada kegiatan inti kedua,  Adik-adik Pre School Little 1 Academy BDNI Yogyakarta membuat gambar kreasi dari pasir. Adik Khaela di bimbing Mama menggambar bunga di atas kertas putih. Gambar bunga yang telah jadi diolesi lem dan ditaburi pasir.


Nah, inilah hasil kreasi gambar berpasir Adik Rafiq. Ada Pohon, dipayungi awan dan dihiasi bintang. Bagus sekali!

Pada sesi parenting, Kak Santi mengajak Mama membahas dan berdikusi tentang Tipe Sketsa Gambar Dominan Yang Dibuat Anak. Dengan mengetahui bentuk geometris yang mendominasi hasil corat-coret anak, maka orang tua akan mengetahui emosi anak pada saat itu, dan karakternya.

Bila sketsa dominan anak berbentuk lingkaran, ini berarti kondisi emosi anak stabil karena penuh cinta, kasih sayang dan perhatian.
Karakter anak ini penuh kasih sayang, cinta, suka memberi perhatian, sensitif, dapat melakukan inetarksi sosial dengan baik dan lainnya. Cinta merupakan unsur penting dalam hidupnya dan minat akan kasih sayang merupakan kebutuhan terbesar bagi diri anak.

Umumnya kepribadian anak tertutup. Tak heran, bagi anak orangtua adalah segalanya dan saat mengambil keputusan mereka terserah bagaimana orangtuanya saja. Sedangkan minat dan bakat anak cenderung berhubungan dengan dengan profesi-profesi kesosialan seperti guru, psikolog, aktivis sosial dan lainnya.
Anak ini umumnya tidak suka permusuhan dan cenderung menjauhi sikap agresif, karena ia selalu mencari kedamaian, kasih sayang dan persetujuan. Mereka lebih suka bermain daripada berkelahi dan cenderung menghindari konflik. 

Bila sketsa dominan anak segitiga, maka anak sedang labil, marah, kecewa sehingga butuh perhatian lebih dalam. Jika emosinya stabil, namun polanya demikian, mungkin karakternya konsisten, suka mengekspor hal-hal baru. Suka mendominasi pembicaraan. Kebutuhan akan kekuasaan merupakan hal terbesar dalam dirinya. Biasanya karakter seperti ini punya kemampuan memimpin yang bagus, cocok menjadi ketua kelas, kepala regu, pemimpin kelompok, dan lainnya. Bahkan, bukan tidak mungkin bila diasah dengan baik anak bisa menjadi pemimpin perusahaan, pejabat, bahkan pemimpin negara. 

Bila gambar anak dominan kotak,kemungkinan saat anak menggambar sedang marah atau kesal, namun tingkatannya lebih rendah dibandingkan segitiga.

Dari segi karakter, anak cenderung  perfeksionis, konsisten, melakukan sesuatu dengan perencanaan matang, memiliki daya nalar yang bagus, suka olahraga dan lainnya. Selain itu, anak cenderung lebih praktis dan menyukai hak-hal bersifat tekns. 

Jika coretan anak bercampur baur, ada bulatan, segitiga, segiempat namun didominasi garis yang melengkung-lengkung, berarti anak butuh kebebasan dan eksplorasi diri.
Dari sisi karakter biasanya ia kreatif, mencintai seni,  suka mengekspresikan sesuatu lebih terbuka, mencoba hal-hal baru, ekspresionis dan lainnya. 

Setelah mengetahui tipe sketsa dominan yang dibuat anak, diharapkan orangtua dapat memberikan stimulasi yang tepat untuk tumbuh kembangnya.

Sebelum menutup kegiatan, adik-adik bernyanyi Gelang Sipatu Gelang dan Mari Pulang. Kegiatan diakhiri dengan Tepuk Sayang.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar